Sunday, July 18, 2010

Pepes Ikan

Background memasak Ikan Pepes ini hillarious banget deh...hihihi! Beneran ngga lebay, ceritanya yaaa seperti inilah, ngga kurang ga lebih :) Hari Sabtu lalu, kami berdua ke halal butcher di selatan Melbourne yang jauhnya sekitar 45 menit perjalanan dari rumah. Biar jauh tapi kami selalu berbelanja kesana, dan biasanya membeli berbagai macam seafood, daging dan ayam untuk persediaan satu sampai satu setengah bulan. Bulan lalu aku ngga ikut berbelanja kesana karena Pumpkin menyempatkan diri berbelanja during weekdays pada saat jam makan siang kantor.

Walhasil hari Sabtu kemarin itu aku 'kalap' sendiri memilih2 daging dan seafood...hahaha! Ke seafood section niatnya cuma mo beli udang, tapi pas lihat yang segar2 lainnya, langsung main tunjuk2 ke mbak-nya en keranjang langsung penuh dengan udang kupas, salmon, cumi2, kerang dan satu kilo (isi 3 pcs) ikan yang penampakannya mirip2 ikan kembung :) Di section daging sapi juga ngga beda, diluar daging potong, daging cincang dan sosis yang biasa kami beli, aku juga menunjuk lidah sapi, hati sapi dan jantung ayam!! Hadoooh, pusing sendiri! Gimana masaknya iniiiii????

Sampai di rumah langsung heboh membersihkan seafood2 en ngga berhenti2 bolak balik manggil Pumpkin yang lagi sibuk dengan mesin motornya di garasi. Bener ga nih cara membersihkannya seperti ini? Dan dengan polosnya Pumpkin bilang "I dont know" setiap kali aku menunjukkan dari berbagai sisi. Ngga ada cara lain emang selain: MENELPON MY MOMMY...hahahaha! Mo bersihin ikan ajah sampai nelpun lintas benua!

Kesulitan blum selesai, aku ngga tau ikan ini mau dimasak apa..hihihi! Mommy menyarankan untuk memasak ikan tersebut dengan cara dipepes, soalnya kalu di goreng pasti minyaknya splashing kemana-mana en aku-nya kabur duluan...hahahah!

OK...di-pepes sodara sodara!

Tapi ngga punya daun pisang? Wis, pake alumunium foil :)

Alhamdulillah jadi lhooow ikan pepes-ku. Enak dan bikin nagih! So pasti aku nikmatin sendiri dunk, Pumpkin nonton ajah, secara pake cabe 2 buah dan pedesnya cihuuuy!!


Resepnya dari my mommy yaaaa...dan pastinya cocok banget buat lidahku (terbawa perasaan kangen ini mah, heheheh). Karena dimasak dengan 2 method, dikukus dan di oven, kepala ikan dan tulang2nya jadi lunaaaaak sekali. Tapi bukan berarti aku makan kepala dan tulangnya loh...lha wong dagingnya juga banyak en tebal kok...hihihi!


Ini penampakan keseluruhan sang ikan pepes...maaf ngga cantik, tapi seperti biasa (nge'les) yang penting rasanyaaaa :)

Ikan Pepes

Cara membersihkan: Kerat sisi2 ikan dengan tujuan menghilangkan sisiknya, kemudian buang insang yang berada di kiri kanan (dibawah kepala) dan potong bagian yang tajam disisi atas badan ikan. Potong memanjang badan ikan dari bawah kepala sampai hampir ekor, buang semua isinya, buang bagian yg berada di dalam kepala. Lakukan pembersihan ini dibawah air mengucur yaa...

Bahan:
1 buah ikan (local trout) ukuran sedang (aku beli satu kilo isi 3 pcs)
1 cup air + 1 buah jeruk lemon untuk merendam ikan selama kurang lebih 15-30 menit

Bumbu halus:
1 siung bawang merah (aku pakai bawang merah besar seukuran bawang bombay)
2 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 cm jahe
5 cm sereh, iris tipis
1 sdt kunyit bubuk
gula + garam secukupnya

Untuk diselipkan disisi ikan saat akan mengukus:
1 buah tomat dipotong2
1 batang serai sepanjang ikan dipotong memanjang
6 buah daun bay (wanginya seperti daun kemangi)
2 buah cabai merah dipotong2

Cara Membuat:
1. Lumuri ikan dengan bumbu yang telah dihaluskan
2. Letakan dalam alumunium foil yang sisi2nya sudah diselipkan tomat, serai, daun bay dan cabai merah, bungkus dengan cara melipat semua sisinya.
3. Kukus selama kurang lebih 45 menit
5. Angkat dan panggang dalam oven selama kurang lebih 30 menit atau sampai harumnya tercium keseluruh bagian rumah...hihihihi *lebay*

No comments:

Post a Comment