Sunday, July 25, 2010

Chocolate Custard Muffin




Waktu kantorku masih di daerah St.Kilda dulu, di lantai bawah gedung ada cafe kecil yang selalu ramai. Udah setahun lebih kerja disitu tapi ngga pernah sekali pun mampir ke sana, yang sering mampir malahan Pumpkin :) Dalam seminggu, biasanya Pumpkin menjemput aku dua kali dan sambil menunggu aku keluar kantor, dia beli latte, duduk di kursi depan cafe sambil membaca koran. Sekali waktu, Pumpkin duduk di dalam cafe, karena dia asik baca koran, ngga tau kalau aku udah sampai di depan cafe. Terpaksa aku masuk ke dalam, melewati etalase kue2 dan muffin yang alamaaaaak wangi sekaleeeeh....*ngiler*

Karena tergoda wanginya, aku beli satu (maunya sih selusin, hihihi) tentu saja pilih yang rasa chocolate dwooonk :) Bagian atasnya biasa ajah, agak keras, tapi bagian dalamnya...soooo moist. Sejak itu aku penasaran kepingin bikin sendiri, maksudnya biar ga bolak balik beli melulu, bangkrut...hihihi!

Beberapa kali sempat coba resep2 yang ada di internet tapi rasanya ehmmm..so so gitu deh, ga moist alias keras kalau sudah dingin :( Minggu lalu ngobrol sama mommy-nya Pumpkin ttg muffin yang moist ini. Kata beliau, muffin yang moist itu biasanya custard muffin. Ooooh, CUSTARD sodara sodaraaa.... Jadi itu toh yang bikin moist :)

Berhubung mommy ngga punya resepnya, aku cari2 sendiri, disearch, ditimbang timbang, dicoba, dirasakan, diingat-ingat...*apa sih? lebay! LOL* akhirnya, keluarlah resep yang satu ini sebagai juara (maksoodnya yang paling cocok dilidahku, heheheh).

Enjoy....*masih belepotan coklat dan meneruskan mengunyah, nyum...nyum...nyum*

Chocolate Custard Muffin
By Dan Lepard

50 g tepung jagung (maizena)
3 sdm coklat bubuk
100 g brown sugar
225 ml cold water ==> aku ganti dengan susu segar
75 g unsalted butter, potong2 kecil
125 g dark chocolate, potong2 kecil
75 ml vegetable oil
2 sdt vanilla extract
2 butir telur
125 g caster sugar
125 g tepung terigu
2½ sdm baking powder ==> aku cuma pakai 1/2 sdm

Cara membuat:
1. Masukkan tepung maizena, coklat bubuk, brown sugar dan air dalam panci, masak dengan api sedang hingga mengental.
2. Matikan api, masukkan butter dan potongan coklat, kocok sampai butter dan coklat meleleh dan menyatu.
3. Tambahkan minyak, vanila, telur dan caster sugar, aduk lagi hingga kental.
4. Campur tepung dan baking powder dalam ayakan dan masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan.
5. Tuang dalam loyang muffin yang sudah diberi pappercup, panggang dalam oven selama 25 menit dengan suhu 180 derajat C.

No comments:

Post a Comment