Sunday, July 18, 2010

Dadar Gulung



Iseng bikin ini untuk mengisi waktu gara2 malam itu Pumpkin nonton film detektif di TV berdurasi satu jam en aku bukan penggemar film dar der dor...hehehe! Browsing net sebentar en nemu resep cemilan mudah dari bu Fat. Asli mudah sekali en anti gagal. Ngga sampai satu jam sudah jadi :) Sebelumnya pernah bikin dadar gulung tapi lembarannya ngga pernah berpori cantik seperti sekarang, biasanya cuma mulus tipis ajah gitu seperti pancake :)

Saking isengnya, adonan aku bagi tiga dan aku beri warna hijau, merah dan coklat. Unti-nya pun aku bagi tiga, satu bagian aku biarkan putih, selebihnya aku beri warna merah dan hijau....heheheh...beneran iseng kan?

Dadar Gulung
(aku buat 1/2 resep)

Bahan kulit:
2 butir telur
250 gr tepung terigu
500 ml santan
½ sdt garam
1 tetes pewarna hijau
1 tetes pewarna merah
1 tetes pewarna putih
minyak goreng untuk polesan.

Bahan isi :
½ btr kelapa parut (1 cup kelapa parut frozen)
150 gr gula jawa sisir halus (100 gr gula putih)
2 lbr daun pandan
100 ml air (aku pakai 100 ml santan)

Cara membuat:

Dadar :
1. Taruh tepung dalam wadah, beri telur dan garam, aduk sambil tuangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis dan menjadi adonan encer. Beri pewarna hijau, aduk rata.
2. Siapkan wajan dadar.olesi dgn minyak.tuang lk. 2sdm adonan,bentuk dadar tipis, angkat,sisihkan.
3. Ambil selembar kulit, letakkan 1sdm adonan isi. Lipat dan gulung seperti amplop.

Isi :
Campur semua bahan dalam wajan biasa, masak dengan api kecil hingga menjadi adonan unti.

No comments:

Post a Comment