Sunday, July 18, 2010

Bakwan Jagung



Lagi lagi makanan kenangan :)

Sewaktu masih duduk di Sekolah Dasar, (yaaah..kira2 satu abad yang lalu...hihihi) aku sering berlibur ke rumah Bukde & Pakde di Demangan Sangkrah, Solo. Disana aku betah, karena seperti hidup di 'dunia lain' heheheh...maksudnya seperti dimanaaaa gitu, dari mulai melek sampai bobo lagi, makanan apapun yang kita mau semua tersedia. Mau jajan apa saja boleh *cheeky monkey*. Kebetulan Bukde dan Pakde-ku dokter, jadi kalau ada apa-apa amaaan...hihihi! Kalau di rumah sendiri, mau jajan apapun susah, banyak ga bolehnya sama my mommy, kotorlah, ga sehat, bikin sakit perut, dll...(setelah setua ini, aku baru menyadari bahwa my mommy itu always right, jajan sembarangan itu ngga baik).

Aku ingat, bangun tidur makanan kumplit sudah tersedia di meja makan. Masih jam 7 pagi padahal! Ada gudeg, opor ayam, tahu bacem, tempe bacem, telur bacem, bakwan sayur dan yang paling aku sukaaa...bakwan jagung! Siang'an dikit, aku bersama sepupuku yang perempuan, berjalan kaki ke pasar tradisional. Jajan cenil, ketan, es dawet dan jongkong kelapa...YUM.... Malamnya, aku dan sepupuku yang laki2 naik motor ke tempat yang agak jauh'an, jajan lontong sayur, lotek dan TENGKLENG! Semuanya enak'e puoool! Bersih pulak, ga bikin sakit perut! Mungkin karena pada saat itu Kota Solo belum terkena polusi layaknya Jakarta.

Malam ini, di rumah (setting berubah ke masa sekarang) iseng buka kulkas, lha, kok ya pas ada smoked beef slice cukup banyak yang belum terpakai (biasanya kami selipkan pada sandwich untuk makan siang), aku jadi kepikiran bikin bakwan jagung. Ngga nyambung yah? Hahahah! Dulu mah makan bakwan jagung campur terigu ajah udah nikmat, sekarang lidahnya udah sombong, minta dipake'in smoked beef dan telur segala. Gaya euy!

Aaah... yang penting nostalgia tercapai. *duduk dipojokan, mengenang masa lalu sambil mengunyah bakwan jagung*

Bakwan Jagung

Bahan
1 cup jagung yang sudah dipipil (dari McCain frozen corn)
1 tangkai daun bawang
4 slice smoked beef
100 gram terigu
1 sdt baking powder
1 butir telur
4 sdm air
garam dan merica secukupnya
minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Masukkan terigu, baking powder, garam dan merica kedalam mangkok, buat lubang ditengahnya, masukkan telur, aduk sampai rata, tambahkan air sedikit demi sedikit.
2. Masukkan jagung, daun bawang dan smoked beef, aduk perlahan samapai semuanya tercampur.
3. Panaskan minyak dalam wajan, goreng adonan bakwan hingga kekuningan, angkat.
4. Hidangkan dengan cabe rawit...YUM...enjoy :)

No comments:

Post a Comment