Friday, January 22, 2010

Rendang ala D'Price

Sebetulnya sih, kata orang minang asli, yang aku buat ini masih rendang setengah jadi alias kalio. Yang namanya rendang itu warnanya hitam pekat en bumbunya kering. Tapi aku ngga suka rendang 'asli' padang. Soalnya aneh aja gitu, makan daging 'hitam' en kandungan nutrisinya udah hilang (ya iya laaah wong dimasaknya ajah selama berjam2 gitu -tanpa slowcooker-, apa ngga ilang tuh nutrisinya?). Cmiiw ya sodara sodara yang ahli gizi...heheheh, agak sotoy, tapi kalu dipikir2 reasonable kan?

Eeehm, jadi knapa yah rendang ini dinamakan ala D'Price? Soalnya bikinnya gampang banget, tinggal cemplung2 ke dalam slow cooker...hihihi! Oh well, pokoknya semua resep masakan yang ada disini easy cooking deh, tapi bukan berarti ngga yummy lho! Dijamin enak, kata pumpkin yang udah ngerasain...heheheh!

Untuk bahan2nya hampir sama kok seperti resep aslinya, hanya dimodifikasi jumlah cabainya dikurangi (biar pumpkin ngga kepedes'an) en daun jeruknya diperbanyak, (yang bikin-nya doyan yang agak2 segar..heheheh)

Ini dia penampakan sang rendang.....


Dibagian bawah daging (di dasar mangkok) kliatan minyak dari santan udah keluar en santannya mengental, sluuurp banget kaaan??


Btw, untuk lebih meyakinkan teman2 yang melihat hasil akhirnya en ngga menimbulkan pertanyaan; "De, ini yang diputu beneran masakan elu?" (wakakaka....!!) Mendingan dilihat putu2 dibawah, persiapan bahan en saat nyemplungin bahan2 ke slow cooker



Rendang ala D'Price

Bahan:

1 kg daging sapi
800 ml santan (2 kaleng @400 ml)
1 batang serai, memarkan
2 cm laos, memarkan
1 cm jahe, memarkan
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 buah star anise (kalu ngga salah bahasa indo-nya kapulaga)
gula dan garam secukupnya

Bumbu dihaluskan:
20 buah cabai merah
8 buah bawang merah
3 buah bawang putih
2 butir kemiri

Cara Membuat
1. Potong2 daging sesuai selera
2 Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daging dan aduk2 sebentar
3. Masukkan daging yang sudah ditumis sebentar dengan bumbu2 halus ke dalam slow cooker, masukkan santan dan semua rempah2 daun, salam, serai, jahe, laos, kapulaga, masak pada set 'high' di slow cooker selama 4 jam. (kalau dimasak di slow cooker, kandungan gizi tidak akan hilang karena dimasak secara perlahan
4. Setelah 4 jam daging telah lunak, keluarkan dari slow cooker, sajikan dalam piring saji. Kuah santan yang belum mengental dipindahkan kedalam panci dan dimasak di api kecil sambil diaduk2 sampai kental dan keluar minyaknya.
5. Siramkan kuah yang sudah mengental keatas daging, taburi dengan bawang goreng (optional) dan sajikan dengan nasi hangat...yumm...dijamin ketagihan :)

1 comment:

  1. Mba boleh nanya itu 800 ml santan kental atau encer ya?kalau santan yg kemasan uht kan kental tuh. apa yg kaya bgitu dipake sampe 800 ml atau diencerin lg?pliis jawab yaa pengen bgt bikin ni..look sooo yummy

    ReplyDelete