Sunday, January 17, 2010

Kue Sus (Profiterole)

Wiken lalu mampir ke toko kue Brunetti di Carlton, kalu udah disana biasanya aku kebingungan milih kue mana yang mau dipesen...banyaaaak macamnya en semua bikin ngiler...hihihi!

Pilihan jatuh ke kue gendut yang atasnya dilapis coklat, sekilas sih seperti kue sus tapi ukurannya dua kali lipat ukuran kue sus yang dijual di Jakarta. Menurut label, namanya "profiterole" sepertinya sih bahasa Italy, karena toko kue Brunetti itu yang punya orang Italy.

Sampe rumah masih kpingin profiterole itu en kpikiran untuk cari resepnya di net. Holaaa! Ketemu!! :D kamis malam, udah jam setengah delapan tapi semangat nyoba resep dari mbak riana . Bismillahirohmanirrahim...pertama kali bikin aaaaand berhasil booooo!!! Duh senangnya! Jadi dua loyang, masing2 berisi 15 pcs (ukuran sedang) berarti total semuanya 30 pcs! Whoaaa...banyak beneer! 6 pcs aku kasih ke Bu Anis, teman ngaji en 6 pcs aku persembahkan ke ibu mertua :) Aku sendiri ngabisin 8 pcs (yang 4 pcs ngga pake filling, dimakan kulitnya doang gurih lhooww!) hihihi! Pokoknya enak banget! Sementara diam diam Pumpkin ngabisin sisanya, which is 10 pcs! Astaga!!! Gembuuuul!

Oni dia penampakan kue sus aku...tempting kaan? Yang ini filling-nya ice cream vanila yang selalu tersedia di frezeer...slurrrp!


Sedangkan yang ini setelah di filling dengan vla, atasnya aku siram dengan coklat leleh...en masih teteup ditambah dengan ice cream sebagai side-nya...*drolling!*


Sewaktu masih di oven, aku bolak balik ngintip lewat kacanya, ngga berani buka, soalnya instruksinya begitu. Ngga boleh dibuka-buka sampai 'keringat'nya hilang. Pas kelihatan udah mulai mengembang, aku putu'in aja deh, sambil ketawa2 kesenengan. Ngga nyangka lho, langsung berhasil mengembang! (hadoh, maap yah sodara sodara kalu aku noraknya minta ampun...maklum amatir'an). Ini dia penampakannya sewaktu masih di oven en udah kelihatan mengembang.


Setelah keluar dari oven, langsung dijejerkan diatas rak supaya bagian bawah kue-nya juga bisa kena udara.



Oh iyaaaa....frankly speaking, sebetulnya ada sedikit kegagalan...hehehhe! Bbrp pcs ada yang bagian bawahnya bolong gara2 aku ngga sabaran ngelepas dari loyang. Aku mensiasatinya dengan mengisi vla-nya dari bagian bawah, trus dilapis coklat supaya vla-nya ngga tumpah...hehehe...bit tricky isn't??



Berikut resep yang aku dapatkan dari Mbak Riana. (Terima kasih banyak lho mbak!)

Kue Sus

Bahan:
130 gr Tepung Terigu Cakra Kembar
1 sdt garam
100 gr margarine
4 butir telur (kalau aku cuma pake 3 telur, soalnya telurnya gede2 banget).
250 ml air

Cara Membuat:

1.Air, garam dan margarine dimasak sampai mendidih.
2.Masukkan tepung, aduk sampai matang dan tercampur rata. Biarkan hingga adonan agak hangat.
3.Panaskan oven 200 derajat Celcius. Masukkan telur ke dalam adonan tepung satu persatu sambil terus diaduk atau dimikser sampai rata dan halus.
4.Semprotkan atau sendokkan ke atas loyang kue kering beralas kertas roti/silikon. Panggang selama kurang lebih 25 menit. Angkat.
5.Isi sesuai selera.

Vla Vanilla (Vanilla Custard)

Bahan:
2 btr kuning telur
50 gr tepung Maizena
500 ml susu segar
75 gr gula pasir
1 sdm rhum (optional)==> aku ngga pake, ganti vanila ajah

Cara membuat:

1.Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, kocok lepas kuning telur, satukan. Sisihkan
2.Didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat dan rata, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Aduk hingga dingin.

No comments:

Post a Comment