Friday, January 29, 2010

Bolu Kukus Cemberut

Pasti pada heran deh, knapa namanya pake embel embel 'cemberut'..... LOL
Jujur aja nih, tadinya mo aku kasih nama bolu kukus gagal, soalnya ga mekar dan ketawa ngakak seperti di resep, hiks! Beneran ni bolu manyun aje, cemberut gitu persis kayak yang punya blog kalu lagi punya keinginan tapi ngga terpenuhi... wakakaka...knapa jadi curcol??

Eniwei, biar bantet en cemberut gini, tapi rasanya teteeeeup enyak enyak! Malahan kata teman ngajiku yang ikutan nyicipin, rasanya lebih enak dari bolu kukus yang mekar, empuk2 padet gitu..hahahah!! (Bisa aje tu ibu nyenengin hati orang)

Karena aku masih belajar, ngga mungkinlah kalau hasilnya selalu sukses. Tapi biar gagal gini, teteup aku masukkan di blog, supaya next time bisa jadi pembelajaran :) Resepnya itu udah bener banget en teruji sejagat raya. Rata2 yang mencoba buat berdasarkan resep ini berhasil karena sudah tau trik2nya.

Sebetulnya aku udah tau trik2nya, diantaranya harus mengocok adonan sampai 'berjejak', kukusan harus panas, jarak antar loyang kurang lebih 5 cm, dll, dsb. Yang jadi masalah, pas aku bikin bolu kukus ini, tiba2 aja mood-ku mendadak berubah jadi males, padahal lagi ditengah2 ngocok adonan...hahahah! Walhasil waktu mengocok adonan yang seharusnya kurang lebih 30 menit sampai adonan berjejak, malah baru 10 menit miksernya udah aku matiin, bosen! Wakakaka! Ngga propesional banget yak??



Berikut resep dari bu fat yang baik hati dan senantiasa ikhlas membagi ilmunya buat siapa ajah yang berniat memasak. Well...seperti akyuuuu tentunyaaaah...heheheh...makasih banyak ya bu fat... XOXO

Bolu Kukus Mekar
(aku buatnya setengah resep)

Bahan :

225 gr gula pasir
2 btr telur
1 sdt cake emulsifier
250 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
150 ml air soda (sprite)

Cara Membuat :

1. Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan baking papper. panaskan kukusan, biarkan uapnya banyak.
2. Campur semua bahan menjadi satu, kocok selama 10 menit hingga adonan berjejak
3. Sisihkan beberapa sendok makan, beri pewarna, aduk rata
4. Tuang kedalam cetakan 3/4 penuh, beri atasnya dengan adonan berwarna.
5. Kukus selama 20 menit dikukusan yang uapnya sudah panas.

No comments:

Post a Comment