Monday, January 25, 2010

Mie Ayam Jamur

Disukai semua orang, tua dan muda, cucok dimakan disegala waktu, pagi, siang, sore ato malam...hehehehe! Makanan segala kalangan deh pokona. Dari mulai dijual abang2 pake gerobak yang mangkal (ah, jadi teringat mie ayam bangka ala warung rumahan di setia budi, belakang kantorku dulu di sudirman-jakarta selatan) sampai mie ayam naik pangkat di mall-mall en di gedung bertingkat (bakmi GM di jalan sunda, belakang sarinah thamrin).

Kemarin2 ini sempat 'dipanas-panasin' sama teman2 back home lewat fesbuk, mengingatkan tentang nikmatnya mie ayam roxy di sabang. Mie panas2 mengepul, taburan ayam jamur yang manis asin, ditambah sambel yang 'menggigit' lidah...slurrp!!!

Tapi ada untungnya juga punya teman2 yang suka iseng mengingatkan tentang makanan en jajanan di jakarta, soalnya aku jadi ngiler beneran en mau ngga mau tertantang untuk bikin...huahahahah! Kebetulan ibu mertua mengirim sekantong besar jamur, ngga tau mo dibikin apa, akhirnya end up dengan bikin ayam jamur buat taburan mie ayam :)

Akhirnyaaaa....kali ini kesampaian makan mie ayam jamur yummy buatan sendiri :) Halal, bersih, pakai sayuran segar, ditaburi bawang goreng asli cirebon dan daun bawang! Mantap rasanya! Yipppiii.... senangnya bisa makan mie ayam lagi. LOL



Coba dilihat ayam jamurnya, mengkilat menggugah selera gituh yah? Dibawah putu yang lebih deketnya, duh yang masaknya ajah jadi kpingin nyolek lagi...huahahah!

Eniwei, sebelum dilempar pulpen en mouse sama temen2 di kantor yang lagi ngiler, (yakin deh, pasti pada langsung manggil opis boi buat beli mie ayam gerobak di lokasi terdekat...hahahah!)mending langsung nulis resepnya :) Berikut sodara sodara, resep mie ayam jamur keluaran dapur ringwood (pokoknya mie ayam bangka, mie ayam roxy apalagi bakmi GM yang tersohor itu, lewaaaaatt....hihihi!)



Mie Ayam Jamur

Bahan:
(untuk taburan ayam jamur)
500 gr daging ayam cincang
250 gr jamur
3 buah bawang putih
2 cm jahe digeprak
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin hikoman
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
minyak goreng untuk menumis
gula & garam secukupnya

Bahan Pelengkap:
mie kering long life
sawi hijau direbus sebentar
daun bawang dirajang halus untuk taburan
bawang goreng

Cara Membuat:
1. Rajang bawang putih dan tumis hingga harum
2. Masukkan jahe dan ayam cincang, aduk2 sampai ayam berubah warna
3. Masukkan jamur dan masak hingga jamur matang
4. Masukkan semua kecap manis, kecap asin dan saus tiram, aduk2 hingga rata. terakhir masukkan minyak wijen, gula dan garam.
5. Sendokkan ayam jamur yang sudah matang diatas mie long life dan sawi yang sudah direbus, taburi dengan daun bawang dan bawang goreng, enjoyyy....!

No comments:

Post a Comment