Sunday, January 17, 2010

Perlengkapan 'perang'

Kalau mau travelling biasanya aku membawa atau memakai printilan backpacker, kayak tas ransel, sepatu boot, dll. Sedangkan kalau mau diving ato snorkling bawa water gear seperti wet suit, google, fin, dll.

Kalau masuk dapur?

Hahahah!

Perlengkapan 'perang' apa aja nih yang tersedia di dapurku? Hmm....lets see...(berharap ngga ada yang ngetawa'in)


sauce pan atau panci dengan tutupnya
Aku cuma punya tiga, ukuran large, small en medium. Sejak dibeli dua tahun yang lalu masih lumayan kinclong...ahahah...ketahuan banget cuma jadi penghuni cupboard :)

pan atau penggorengan teflon
Punya dua, ukuran large and small. Yang ukuran small lumayan udah sering kepake buat ceplok telur...hihihi...

electric steamer atau kukusan listrik tingkat tiga
Ngga tau gimana asalnya dibeliin kitchen appliance kayak gini...lupa! Udah pernah kepake niiih, sekali ajah, buat ngukus siomay yang dikasih sama Mbak Mercy teman mengaji aku. Baik banget deh Mbak Mercy ini, aku dikasih 12 buah siomay en tiap mo dimakan harus dikukus dulu, jadi-lah kukusan ini kepake :) PS: ini putunya gaya2'an ajah diisi wortel, jagung en bayam, biar keliatan kalau steamernya tingkat tiga...eh, maksudnya biar keliatan aku penikmat sayuran en menganut gaya hidup sehat...hahahah...bo'ongnya kok ketahuan bener siih?

electric toaster dan electric kettle atau panggangan roti beserta ketelnya
Naaaah, kitchen appliance yang ini paling sering di-abuse deh...dipake melulu, buat manggang roti en ngerebus air buat Pumpkin nge-teh :)


slow cooker
Hadiah pernikahan dari ibu mertua. kapasitasnya gede banget nih, sekitar 5 liter, cukup buat masak orang sekampung!*lebay* Sempat jadi perbincangan heboh teman2ku di fesbuk, soalnya kalu di Jakarta slow cooker ini biasanya ukuran kecil2 sekitar setengah liter, khusus buat masak makanan bayi...hahahah! Udah pernah aku pake sekali buat masak gulai nangka, waaaah...slow cooker ini langsung jadi favoritku. Gimana ngga jadi favorit, bener2 bermanfaat banget! Pagi2 sebelum ngantor aku cemplungin nangka muda kalengan, santan sama bumbu gulai indof**d (ga boleh nyebut merk kan yah?) trus aku setel auto, which is at least 10 jam cooking. Pulang kantor, jam 6 sore sampe di rumah tinggal buka tutupnya en siap dimakan! ajaib! hahahah!

rice cooker
Yang satu ini mah semua orang juga punya :) Aku dah beberapa kali masak nasi pakai rice cooker ini, tapi hasilnya selalu mengecewakan. Bawahnya pasti gosong sodara sodara! Pernah aku aduk2 pas lagi masaknya, supaya bagian bawah ngga kering, tapi teteup ajah pas nasinya matang, bagian bawah berkerak atau gosong. Ngga tau karena masak nasinya terlalu sedikit (cuma 1 cangkir sekali masak) atau emang karena rice cooker-nya ngga berkualitas. Maklum cheap'es, cuma 20 dollar hahaha! Pokoknya nanti kalu pulang ke Jakarta mau beli rice cooker canggih model miyako yang bisa buat masak en ngangetin sekalian, kayak punya my mommy deh :D







pisau dapur
Sempat semaput liat pisau yang dibeli Pumpkin di harris scarfe tempo hari. Satu set isi 5 booo! Duh 5 pisau? Buat apa'an ajah sih? Satu juga cukup bukan? Ternyata oh ternyata...masing2 pisau ada keguna'annya sendiri. Beginilah kalu si 'buta dapur' dibeliin utensils, ngga ngerti! wakakaka! Mudah2an kegunaan masing2 pisau bisa dimengerti berdasarkan putu2 diatas :) Yang paling besar untuk chop-chop alias potong2 kasar, merajang bawang dan teman2nya. Yang panjang bergerigi khusus buat memotong roti atau cake. Yang panjang untuk memotong daging. Yang sedang besarnya (en pas banget buat tangan aku yang super duper muper mungil) dan yang ukurannya kecil banget, untuk memotong buah2an dan sayuran.





utensils atau susruk atau sodet
Duh, namanya tuh yang bener apa yah? Suka denger my mommy dulu bilangnya susruk (bahasa sunda ato jawa sih?). Ga tau ada berapa banyak en kegunaannya apa ajah, pokoknya dikira-kira aja deh sendiri, sekalian mengasah ilmu ketepatan menebak.... hihihihi! Di dapur mommy biasanya digantung di dinding dekat sink atau tempat cuci piring, tapi kalau di dapurku, semua masukin drawer biar ngga repot mengaturnya :) Ah, ini mah faktor males aja buat menggantung satu persatu :P



chopping board atau talenan (bahasa jawa)
Aku ingat di dapur mommy ada 2 talenan, satu dari plastik untuk sayur dan buah2an satu lagi dari kayu, untuk memotong daging dan ikan. Di dapurku ada 3 talenan, tujuan utama bukan buat ngebeda2in (karena emang ga niat...hihihi) tapi karena dijualnya satu set terdiri dari 3 buah, dengan warna2 yang berbeda en tentu aja dengan fungsi berbeda. Biar ngga lupa, aku fungsikan sesuai warna. Putih buat memotong makanan siap saji seperti roti, kue, dll. Hijau untuk sayuran dan buah2an, Merah untuk daging, ayam dan ikan.


spice mini processor dan mortar
Kalau lagi males, menghaluskan bumbu2 pakai mini processor, tapi kalu lagi rajin, pake mortar aja deh...heheheh! (itung2 nge'gedein otot lengan..wakakak!)








baking pan atau loyang
Aduuuh...cuma punya 5 loyang tapi gayanya udah mau belajar baking-baking'an...heheheh! Satu loyang bulet (yang tadinya) berwarna putih en sekarang udah kliatan dekil banget gara2 keseringan dipake bikin brownies (bronis-bronis'an maksudnya). Ada loyang panjang untuk bikin loaf (roti) yang dasarnya udah lecet2 karena sering dikerok2 pake pisau gara2 adonannya nempel booow! (kebangetan yak?). Ada loyang yang bawahnya bolong2 kecil (katanya sih buat bikin cookies, blon pernah nyoba sih :P). Ada lagi loyang panjang yang difoto buat alas loyang bunder (ga tau nih ukuran berapa), en terakhir loyang cupcake yang dah pernah dipake sekali bikin cupcake tapi pas jadi kerasnya minta ampooon (buat ngelempar doogie sebelah aje deh yang suka berisik...wakakak!)


Kalau yang dibawah ini, bener2 'kelas berat' deh, dalam pengertian ngga bisa dipindah-pindah en setiap mau make harus berfikir keras...hahahahha!


oven
Ini lagi yang bikin panik, oven dengan berbagai tombol yang ga ngerti gimana cara mengoperasikannya :D Tanya ke Pumpkin, dia juga ngga tau, telpun mommy di rumah, ngga ngerti juga. Kata beliau, nanti kalau datang ke rumahku en liat sendiri bentuknya kayak apa baru dijelasin...hahahaha! Sekarang sih yang gampang tinggal nge'set ketanda "blower" sama puter ke tombol berapa derajat yang aku mau. Cara ngatur timer, en api atas ato api bawah? ngga tauuuuuuuuuuu.....hihihih! Pokoknya nanti kalau sodara sodara ada yang baca postingan ini en ngerti gimana caranya nge-set, kasih tau yah? yah..yah..yaaah? :D


microwave
Yah, ini mah keciiil...mainan dari SD dolo...hahaha! Kalu mommy blon pulang kerja en aku udah pulang sekolah, makanan dari kulkas tinggal masukin microwave en langsung anget deh! So far, aku pake microwave ini juga cuma buat ngangetin makanan kok :) Tapi kalu ngangetin ngga boleh di dalam kemasan plastik yah, harus dalam mangkok atau piring keramik micro save.


Oooh well....last but not least,
this is my kitchen!
My small, simple and clean kitchen! Saking senengnya aku liat dapur bersih, sampai ngga pernah 'mengotori' dapur alias ngga pernah dimanfaatkan secara maksimal...hahahah...

Mudah2an, yang akan datang dapurku akan sering2 'ngebul' en wangi aroma masakan :) amien.


No comments:

Post a Comment