Sunday, August 22, 2010

Es Pisang Ijo


Bikin es ini bukan karena kepingin, tapi karena pas wiken lalu nyicipin es pisang ijo saat buka puasa di masjid Westall. Ingatan langsung melayang ke masa lalu.....hiiiahahahah!



Jadi, beberapa abad yang lalu itu aku punya teman2 kantor yang baik hati, ramah tamah lagi rajin mengunyah (makanya pada ndut-ndut...hihihihi) Ah mereka itu sungguh ngangen'in :)

*putu samping dari kiri-kanan: Andri, Irfan en Pak Gatot. Pak Hendra kok ngga ada yah? Lagi ke pantry kali, cari cemilan...hihihi (Jakarta, Plaza DM-Sudirman 2006)*

Kadang2 kalau lagi malas pulang ontime en kena macet, aku suka menunggu sampai selesai sholat maghrib setelah itu baru deh pulang :) Naaah, enaknya kalau pas pulang agak sore'an gitu biasanya ada Pak Gatot, Pak Hendra atau Andri yang ngajak pulang bareng.

Mereka tinggal di daerah timur Jakarta, dari arah Sudirman (lokasi kantorku) kalau mau pulang harus melewati Kuningan, Mall Ambassador dan Tebet. Widiiwww, tau sendiri kan daerah Kuningan setelah maghrib itu macetnya ya salaaaam.... Begitu sampai daerah Tebet yang kiri kanan-nya banyak rumah makan, langsung deh para babe babe ndut yang udah kelaparan itu tergoda, en tanpa ba bi bu parkir di depan salah satu resto yang paling rame.

Yang paling sering kami singgahi itu rumah makan Daeng Tata, dengan menu masakan dari daerah Makassar. Pesanan favorit kami, Sop Konro, Tata Ribs dan dessertnya Es Pisang Ijo...ah yum!! Biasanya sambil makan kami ngobrol ngalor ngidul....seruuuu, apalagi kalau bukan seputar politik di kantor, hihihihi! Yang lebih asoy lagi, udah kenyang, dapet gossip seputar kantor, semua expenses ditanggung pulak sama Pak Gatot yang saat itu posisinya paling tinggi diantara kami berempat...hihihiih, dimana2 yang gratis itu enyak enyaaak :))

Eniwei, berikut resep Es Pisang Ijo-nya:

Es pisang ijo
(Resep dr kumpulan resep desert femina)

Bahan:
10 lbr daun suji (aku ngga pakai, ngga ada yang jual)
10 lbr daun pandan
100 ml air
200 gr tepung beras
50 ml santan kental
400 ml santan encer dari 1/2 butir kelapa
50 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 lbr daun pisang (aku pakai alumunium foil ajah)
10 buah pisang raja,kukus,kupas (aku pakai pisang biasa/cavendish)

Saus:
35 g tepung beras
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam
500ml santan,dari 1/2 butir kelapa

Pelengkap:
Es batu serut
Sirup merah

Cara Membuat :
1. Tumbuk daun suji dan pandan hingga hancur, tuangi air. Peras dan saring. Aduk rata tepung beras,santan encer,gula dan garam. Tuang air daun suji pandan sedikit demi sedikit sambil aduk rata

2. Masak di atas api sedang,sambil diaduk hingga kental,matang dan mengkilap,angkat dan biarkan uapnya hilang

3. Olesi daun pisang dengan santan kental, taruh 2-3 sdm adonan diatasnya. Ratakan setebal kurleb 3 mm,taruh 1 buah pisang diatasnya,gulung, bentuk menyerupai pisang

4. Alasi dandang dengan daun pisang,atur pisang diatasnya beri jarak,kukus selama 10 menit atau sampai matang,angkat

5. Saus : aduk rata semua bahan saus. Masak di api sedang sambil diaduk2 hingga matang dan kental,angkat.

6. Potong2 pisang hijau,sajikan dengan saus,beri es serut dan sirup merah

Oh iyaaaa, ngomong2 soal sirup merah, aku lupa sapa yang bilang, tapi pernah denger kalu Es Pisang Ijo akan lebih segar kalau sirupnya pakai sirup merk Sarangsari. Hadoooh, maap maap, ngga ada hubungan sama yang punya pabrik en bukan iklan, tapi emang pernah denger gituuuu...:P

Di Melbourne cari sirup Sarangsari? Kayaknya pernah lihat di Laguna (city). Yak langsung meluncur kesana en beli :) Seeep lah! Walaupun harganya lumayan, tapi emang bener kok, rasanya jadi segaaar. Buka puasa lebih nikmat rasanya dengan Es Pisang Ijo (pake gaya iklan teh botol...hihihihi)

Enjoy eperibodi :)

No comments:

Post a Comment