Monday, January 17, 2011

Yoghurt Cake



Yoghurt cake ini dibuat bukan karena aku kepingin ngemil, tapi berhubung di kulkas tersedia satu tub besar (net 500gr) vanila yoghurt, compliment dari kantornya Pumpkin. Sebetulnya kami berdua mengkonsumsi yoghurt setiap hari (penutup setelah makan siang), tapi jenis yoghurt yang biasanya kami konsumsi itu jenis 'light' alias 'no fat'...heheheh, sadar diri *ngelirik peyuut*

Kebetulan jenis yoghurt yang kami dapat ini dari brand en kualitas nomor satu (dan tentu saja rasanya...nyami sekaleeeh), tapi karena ngga low fat, kami berdua ga berani ngabisin :p

Setelah ngintip mbah gugel mengenai cemilan dari yoghurt, akhirnya terpilih
resep ini, selain cara membuatnya mudah, banyak yang review pulak...hihihi! Salah satu kunci kalau ingin mencoba resep dari net, biasanya aku cari yang sudah dicoba banyak orang en reviewnya bilang; enyak enyaaaak :)

Sebetulnya resep bilang, setelah matang bisa langsung dipotong2, yang artinya ga pake disiram coklat cair, tapi berhubung emak emak satu ini kerajinan, jadi diatas cake-nya masih disiram lagi pakai coklat yang dicairkan dengan thick cream (alamaaaak, ngakunya sih low fat, tapi kenyataan berbicara lain, wkwkwkwk).

Rasanya bikin surprise!!!

Empuk, asam dan manis...seperti cake tape! Adu du duuuuu, seneng deh, ternyata dengan yoghurt bisa bikin cake yang rasanya seperti cake tape. Analisa aku siih (ciyeeeh!) karena jumlah yoghurt yang aku pakai dua kali lipat dari yang seharusnya dipergunakan diresep, makanya rasanya menjadi seperti cake tape. Ohhh, yum!!

Setelah coklat dipermukaan cake-nya set, langsung dibawa ke pengajian, bukan apa apa...kalau dibiarkan di dalam kulkas, bisa cepat berpindah lokasi ke peyutnya Pumpkin, hihihihi!!!


Yoghurt Cake

Bahan:
1/2 cup butter, diamkan dalam suhu ruang ==> aku pakai 1/2 cup vegetable oil
1 cup brown sugar
1 sdt vanilla extract
1 telur
2 cups terigu
1 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
1 cup youghurt tanpa rasa ==> aku pakai 400 gram yoghurt vanila

Cara Membuat
1. Panaskan oven 175C, oles loyang diameter 20 cm dengan butter dan terigu.
2. Mix butter, brown sugar dan vanily sampai mengembang, masukkan telur.
3. Masukkan terigu, baking soda, baking powder, bergantian dengan yoghurt.
4. Panggang selama 50 menit, lakukan tes tusuk, angkat dan hidangkan.

No comments:

Post a Comment