Sunday, January 16, 2011

Rhubarb Creme Brulee



Bukan maksud mau gaya gaya'an bikin dessert ala western, kalu disuruh memilih, aku lebih suka bikin cemilan tradisional ala Indo seperti semar mendem atau jongkong kegemaranku. Tapi apa daya...ini PR-nya KBB ke 21 yang harus dikerjakan, biar pinteeer :)

Buat yang udah ahli di duniya perbaking'an, si Creme Brulee ini pastinya udah ngga asing. Kalau buatku yang amatiran ini, ngga asing juga...ngga asing makannya lho, kalu bikinnya mah blon pernah, hihihihi!

Untuk menetralisir rasanya yang sangat manis, dipakai campuran buah2an segar. Resep asli diminta RHUBARB, tapi karena di tanah air ga ada yang namanya Rhubarb, bisa diganti dengan bermacam2 buah lainnya. Ada yang pakai sirsak, mangga en saking kreatifnya, ada yang pakai green tea juga lho! *takjub dengan kreatifitas berfikir teman2 di tanah air*

Eniwei, salah satu bahan yang special di resep ini adalah vanila pods atau vanila beans. Berhubung teman2 udah pada ngerti semua ttg vanila pods, jadi ga aku sertakan gambarnya. Kebetulan vanila pods itu selalu tersedia di rumahku, bukan sengaja nyimpen, tapi emang toples gula pasir selalu diisi dengan 2 batang vanila pods. Biar gulanya wangi en harum kalau dipakai buat nge'teh :)

Dengan pede-nya, aku langsung bikin 2 resep, memanfaatkan 20 butir kuning yang dikasih ibu mertua...hihihi! Kenapa kok bisa dikasih kuning telur segitu banyak? Soalnya tempo hari pas Christmas, beliau membuat ice ream dari 20 putih telur, dan aku udah wanti2 supaya kuning telurnya jangan dibuang. Rencananya sih mau aku buat puding karamel. Ternyata seminggu sebelum natal aku mendadak harus pulang ke Indonesia. Pas aku pulang lagi ke Melb, aku sempat kaget ketika dikasih 20 kuning telur frozen...hiaaa! Rupanya ibu mertua ngga ngebuang sang kuning telur dan mengawetkannya dengan cara menyimpan di freezer. Makasih mum! *smooch*

Walaupun baru pertama kali, tapi ngga ada kendala buatku dalam mengerjakan si Creme Brulee ini. Bukannya sombong, soalnya emang bikinnya gampang banget! Tinggal kocok kuning telur, aduk bareng susu en cream, tuang...jadi deh! Yang jadi masalah, karena kepede'an langsung bikin 2 resep, harus ngeluarin 15 buah ramekin beraneka rupa, hihihihi, ternyata jadinya banyaaak!

Soal rasa? Emang si Jamie ini so smart dah, pas banget si rhubarb ini di campur sama creme brulee. Kebetulan ibu mertua LOVES rhubarb, en waktu aku kirim satu ramekin ukuran paling gede, bliau bilang; "sepertinya kamu harus mencoba bikin sampai 23 kali lagi supaya rasanya benar-benar pas" (sambil wink wink, ngedipin sebelah mata)! Haduuuh, geli banget ga siiih, like mom like son, soo cheeky!!




Creme Brulee
Source: Jamie Oliver: The Naked Chef 2

Serves 6

300g rhubarb segar

(bisa diganti dengan buah2an lain yg rasanya asam seperti mangga & sirsak)
3 sdm gula caster
5 sdm air
2 vanilla pods
300ml double cream
200ml full fat milk
8 kuning telur
80g gula pasir

cara Membuat:

1. Potong2 rhubarb, masukkan kedalam panci beserta air dan gula caster, masak, aduk2 sampai empuk dan kental. Matikan api, angkat.
2. Masukkan rhubarb tersebut kedalam 6 buah ramekin.
3. Belah vanila pods, buang bijinya dan potong2 kecil.
4. Siapkan panci lain, tuang susu, krim serta vanila pods, masak dan aduk2 terus hingga mendidih. Ambil serpihan vanila pods.
5. Di mangkuk terpisah, kocok kuning telur dan gula sampai terasa ringan dan 'fluffy'.
6. Masukkan adonan telur kedalam adonan susu sedikit2 sampai tercampur rata.
7. Kalau ada busa2 yang mengambang dipermukaan, buang busa2 tersebut sebelum dimasukkan kedalam ramekin. (Maksudnya biar sang Creme Brulee terlihat cantik)
8. Tuang adonan susu+telur ke dalam ramekin yang sudah diisi terlebih dahulu dengan rhubarb.
9. Panggang di oven dengan cara au ban marie, yang artinya dipanggang dalam keadaan berenang...hihihi...ma'aaappph, maksudnya loyang tempat ramekin diisi air mendidih.
10. Suhu oven 140C, lama memanggang 25 menit'an ato sampai terlihat pinggirannya set tapi bagian tengah goyang2 dangdut...eh, maksudnya goyang2 masih blon set gitu deeeh, hihihi!
11. Angkat, dinginkan dan masukkan kulkas.
12. Kalau mau dimakan, taburi dengan gula pasir dan di blow torch, dikasih api biar gulanya meleleh en ada efek2 item2 gosong biar ga pucet kayak bule, ooops!
13. Buat aku yang blon punya blow torch, pas udah dingin, taburin gula pasir en masukin lagi ke oven pake api grill / api atas. Jangan ditinggal tapi yaaaa... ditungguin, ga lama kok, akan keliatan gulanya terbakar en warnanya kecoklatan. Cepat angkat, dinginkan, masukin kulkas lagi. Ribet sih iyaaa, tapi worth it lhooow....

Aku buat 2 resep, jadi 15 ramekin, 1 buat ibu mertua, 4 buat kakak ipar, 4 buat my pumpkin, en sisanya which is 6 ramekin buat akuuuuu (hiaaa! gembul pisan!)


2 comments:

  1. wwwooooowww....
    bikin 2 resep sekaligus? jempooll...
    creme brulee-nya cakep :D

    ReplyDelete