Monday, May 17, 2010

Japanese Cheese Cake


Sebetulnya niatan untuk bikin JCC dan CC ala NCC (hiaaa...mudah2an kebanyakan singkatan ga bikin bingung) itu udah lama banget, tapi kendala waktu dan kesibukan menghalangi (alesan aja nih..hihihi).

Cream Cheese Philadelphia udah manyun di kulkas semenjak aku beli 2 bulan yang lalu (untung ajah use by-nya masih juni 2010), trus ingredients lainnya sebangsa whip cream, sour cream, thickened cream, double cream dan lain lain sebagainya yang sumber segala lemak itu senantiasa tersedia di kulkas setiap hari. (maklum, Pumpkin berkantor di sebuah dairy company skala international yang setiap hari menyediakan susu, keju dan teman2 per-'fat'an lainnya untuk dikonsumsi dan dibawa pulang para employee). No wonder we are 'chubby' couple eh..??

Wiken kemarin, hasrat sudah memuncak *apa'an sih?* dan tekad sudah membulat...bikin JCC! Pakai resepnya mbak Riana yang diposting tahun 2005 dan udah menjadi perbincangan seantero jagad perkulineran :). Commentnya ituloh...alamaaaak, lebih dari 100 dan semuanya penuh tips dan trik yang harus aku baca, supaya ngga gagal. (Sumpah, kalu gagal bikin kue itu rasanya sedddddiiiiiih banget, berasa jadi orang ga berguna gituuu...hihihih...lebay!)

Tapi ternyata sodara sodara, everything is worthed! Every single trip and triks, it works! Senangnya bukan alang kepalang! Lega deh aaah, ngga nyangka gitu looh :) Apalagi kalu baca comment2, ada yang udah bikin 2 kali masih gagal...hiiiy, bikin grogi!



Ini dia penampakkan sang JCC setelah diangkat dari oven....cantik yah...mulus! Atasnya agak coklat, mungkin karena setengah jam pemanggangan aku kelupaan pakai api atas...oops! Untungnya cepet sadar en buru2 pindah jadi api bawah ajah. But overall kliatan bagus kan? *teteeeuup, muji2 diri sendiri...hihihi*

Untuk selainya, aku pakai selai bluberry botolan kualitas nomor satu, yang kental en dalamnya masih bergerindil ada buah blueberry-nya. Maksud hati sih nyari selai yang murah ajah, namanya juga percobaan, jadi kalau nanti hasilnya ngga ok kan ngga terlalu nyesel. Tapi Pumpkin maunya selai merek tertentu ini, jadi ya udah turutin ajah deh, wong bukan dari dompet sendiri ini...wakakakak!!

Berikut resepnya, ngga pake acara aku modifikasi segala...takut ngga sukses :) Oh iyaaa, kecuali kuning telurnya aku masukkin semua (karena ngga mau nyimpan kuning telur di kulkas) jadi total kuning telurnya 6 dari yang seharusnya cuma 3.


Japanese Style Cheesecake
(sumber: 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga)

Campur dan ayak:

50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena


Bahan:

60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
3 kuning telur ==> Aku pakai 6 kuning telur
1 butir telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus ==> Aku pakai gula castor
1 sdt air jeruk lemon


Topping:

2 sdm selai apricot ==> Aku pakai selai blueberry
2 sdm air


Cara Membuat:
1. Siapkan loyang bulat 22 cm, alasi kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 derajat Celsius.
2. Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. 4. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
5. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
6. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
7. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.

No comments:

Post a Comment