Sunday, September 26, 2010

Nastar





Dari empat jenis kukis yang aku buat buat lebaran, kayaknya nastar ini deh yang paling njlimet bikinnya. Dari mulai ngupas nanas (udah bukan yang pertama kali, soalnya yang pertama pas bikin rujak serut), ngeblender en masak nanas buat selai, trus ngebulet2in selainya (biar nastarnya rapih) hadooooh, mana tahan, jari jemariku yang sama sekali ngga lentik, bwahahaha!

Acara ngebulet2in selai nanas ini yang bikin Pumpkin melongo, soalnya sambil nonton tipi, tanganku asik ajah gitu nyomot2 selai en ngegulung2. Tanpa basi basi, aku langsung bilang : "ga bole tanya2 yaaa..." hihihih, dasar istri judes. Ga tahan, Pumpkin tanya juga : "itu beli selai dimana?" aku bilang : "bikin dwonk!" tambah geleng2 kepala lah Pumkin, hihihih, kayak yang kurang kerjaan ajah, wong selai nanas di supermarket banyak kok malah bikin. Sebelnya putu selai nanas yang udah aku bulet2in itu ilaaaaang, huhuhuhu, kayaknya kehapus di kamera sebelum sempat aku simpan, huh..o'on...o'oooon!

Terus terang aku ngga begitu suka nastar, tapi berhubung di rumah ibuku selalu ada pas lebaran, mau ngga mau aku bikin, buat menciptakan athmosfir lebaran gituuu :) Boleh percaya boleh ngga, aku bikin nastar ini 4 resep...wakwaaaaw! 3 resep pertama bikinnya bareng2 di rumahku sama mbak Ani dan mbak Pur, mereka teman2 mengaji aku di Westall. Trus, karena masih ada sisa selai dan karena masih banyak teman2 di masjid yang belum aku kirim, aku buat lagi satu resep. Nastar yang dibuat bareng mbak Ani & mbak Pur itu diatasnya dikasih hiasan cengkeh, manis deh penampakannya. Tapi jujur ajah, aku malah tambah ngga doyan kalau ditambah aroma cengkeh, yaiks! Kayak cigarette gitu yah? Penampakan nastar yang diputu ini buatan aku sendiri, batch terakhir...hihihi, tanpa ada embel2 cengkeh tapi terlihat teteup cantik kaaaan, permukaannya mulus en ga retak *bangga*.

Oh iya, kata mbak Mercy en mas Pri yang sempat aku kirimkan satu toples kecil nastar, katanya nastar buatanku ini seperti nastar zaman dulu yang enaknya alami, ngga seperti nastar zaman sekarang yang kata mereka bikin enek karena terlalu banyak dicampur macam2....hiyaaaa, alhamdulillah!

Here it is, nastar buatan sang amatir...hihihihi!

Oh..ooooh, ada lagi, ternyata Pumpkin dan mommy mertua doyan nastar!!! Senangnyaaa, ga sia2 deh jari sampe keriting. At the end of the day, supaya ngga kehabisan sebelum diputu, aku nyimpen 3 buah nastar, en ngewanti-wanti Pumpkin supaya jangan dimakan, and you know what?? Hampir tiap malem Pumpkin ngiler en ngga berhenti2 nanya kapan nastarnya mau diputu, hihihi! Duh bener2 deh, kayak anak kecil yang minta lolies!



Untuk resepnya, tentu saja dari Bu Fat yang sudah teruji sedunia.... d(^_*)b
Bu Fat, lop yu loooh! *smooch sampe basah*

Nastar
By : Fatmah Bahalwan

Bahan kulit:
250 gr Margarine
250 gr Butter
100 gr gula halus
4 btr kuning telur
700 gr tepung terigu
4 sdm susu bubuk FC

Bahan polesan:
3 btr kuning telur
1 sdt cookie glaze ==> aku ga pake

Cara membuat:

1. Aduk mentega, gula dan telur hingga rata. (mixer speed 1, asal nyampur)
2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata.
3. Ambil sedikit, bentuk bulat, isi dengan selai nanas.
4. Susun diloyang tipis, beri jarak satu dengan yg lain.
5. Oven dengan suhu 140’C selama lk. 30 menit, keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat.
6. Angkat, biarkan dingin, susun dalam toples, tutup rapat.

Selai Nanas

Bahan:
4 bh nanas palembang, haluskan
200 gr gula pasir
1 sdt garam
1 ptng kayu manis

Cara membuat:

Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering, tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat.

No comments:

Post a Comment