Sunday, March 28, 2010

Pandan Chiffon






Dearest ibu2 host yang baik hati, Alhamdulillah, akhirnya bisa juga menyelesaikan pr-nya KBB#16: Chiffon Cake. Bukan maksud hati nyetor laporan mepet-mepet diakhir bulan, tapi apa daya sebagai newbie, ngga bisa bikin sekali langsung jadi (hiks!). Dua kali buat chiffon pandan dan dua2nya berpenampilan buruk rupa, walaupun rasanya enyak enyak...hihihi! Ketiga kalinya buat, sepanjang ngaduk adonan sambil dzikir ajah, dan konsentrasi tinggi ngga mau mikirin apa2...(aaaah, lebay!) Walhasil, setelah jadi, ngga malu2in en malahan menurutku penampilannya cantik sekaliii....(walaupun dasarnya agak bopeng2 dikit) heheheh! Karena permukaannya mulus, aku ngga mau repot2 nutup dengan taburan keju atau apapun :). Mudah2an perjuangan menyelesaikan tantangan pertama ini bisa menghasilkan kelulusan yaaaa... Amien :)

Pertama kali nerima 'surcin'-surat cinta (istilah KBB untuk menyatakan 'surat tugas') langsung kebat kebit, hadoooh, bisa ngerjain ngga ya? Boro2 ngerti cara ngebalik loyang, wong loyangnya ajah belon pernah liat bentuknya...huaaa!

Wiken pertama, peserta yang lain di milis udah sibuk tuker2an resep, aku malah kebingungan en mencoba bikin pakai loyang bulat biasa. Hasilnya.... gatot sodara2, jelek banget penampilannya..huhuhu! Kimpes pula...karena cuma bikin setengah resep. Ga putus semangat deh, minggu depan coba lagi :)

Wiken kedua, sibuk keliling dari satu mall ke mall lain, nyari loyang chiffon. Herannya knapa disini chiffon ga beken yah? Ooooh, ternyata menurut ibu mertua, loyang chiffon itu biasa disebut loyang "angel cake" laah, baru tau... hihihihi! Setelah dapet loyang-nya, mau bikin tapi udah keburu malem...yo wis, minggu depan.

Wiken ketiga, buat kedua kalinya pakai loyang chiffon baru...hihihi...dengan komposisi 1 resep, hasilnya mengembang bagus pada saat dibake, tapi pada saat keluar, kimpes dengan sukses...huaaa! Biarpun kimpes, tetap semangat, atasnya aku oles dengan butter dan ditabur keju, mmmmmm...yummy! Karena penampilan ngga OK, berniat untuk buat lagi minggu depan. Sementara itu di milis makin rame diskusi chiffon, beredar bermacam2 resep, chiffon kopi, strawberry, wortel, alpukat, dll. Sempat tergoda untuk nyoba resep2 tersebut tapi ngga berani, wong yang simple rasa pandan ajah gagal melulu, kok mau nyoba resep2 lain...hahhahah!

Wiken keempat, dari hari jum'at malam udah ngeluarin telur dari kulkas, supaya sabtu paginya bisa langsung dipakai. Setelah semua bahan2 siap, dimulailah perjuangan ngaduk putih telur sambil ngga putus dzikir, saking takutnya gagal padahal ini wiken terakhir buat menyelesaikan tugas....hehehhehe! Kali ini, semua tips dan petunjuk (yang didapat dari milis dan searching di net) diikuti dengan seksama dan cermat. Mulai dari mengaduk putih telur, mengaduk adonan sampai cara memasukkan adonan ke dalam loyang benar2 mengikuti pakem :)



Resepnya sendiri aku dapat dari ibu Fat, wuaaah...resep beliau itu selalu enak rasanya, makanya aku sering praktek'kan. Walaupun kadang2 yang aku bikin penampilannya ngga meyakinkan, (ga cantik seperti penampilan di blog beliau) tapi soal rasa, resep beliau itu jangan ditanyaaaa...enyak..nyaaaaak, makasih ya bu :)

Chiffon Pandan Cake
Resep ala Fatmah Bahalwan (NCC)

Bahan A

300 cc Putih telur
150 g Gula pasir
½ sdt Garam halus
1 sdt Cream of tartar => aku ganti dengan 2 sdt air lemon

Bahan B

50 g Gula pasir
20 g Susu bubuk FC ==> aku ngga pake
20 g Tepung maizena
140 g Tepung terigu
100 cc Corn oil
100 cc Air daun suji ==> aku ngga pake
7 butir Kuning telur
1 sdt Milk flavour (boleh dihilangkan) ==> aku ngga pake
1 sdt Baking Powder Double Acting
Pandan pasta secukupnya

Cara Membuat

1.Kuning telur dan gula dikocok terlebih dahulu sampai kental, lalu masukkan terigu yang telah dicampur dengan double acting BP, corn oil, air dan bahan B lainnya .

2.Putih telur, gula dan cream of tartar dikocok sampai kencang, lalu masukkan bahan A lain dan diaduk sampai rata betul

3.Tuang adonan putih telur secara bertahap kedalam adonan kuning telur, aduk perlahan hingga rata benar.

4.Kemudian tuang dalam loyang chiffon. Lalu dipanggang selama kurang lebih 45 menit dengan panas oven kurang lebih 180 derajat Celsius, hingga matang

Hasil experimen 1 & 2 yang rasanya teteup enyak, namun apa daya, penampilan kurang meyakinkah... hahahah!




*experimen 1: penampilan ngga ok, bagian atas masih lunak dan basah, menurut tips yang aku baca sih, akibat nge-bake'nya kurang lama daaaaaan terlalu banyak meneteskan pewarna hijau (warnanya hijau sekaliiii...seperti HULK!), tapi rasanya jangan ditanyaaa, tetep ok lhooow.... *







*eksperimen 2: penampilan agak lumayan, bagian atas udah ngga basah dan lunak lagi, tapi kimpes..peees... Ini akibat kurang lama sewaktu "menunggingkan" loyangnya (ga sabaran pingin liat bentuknya, ihihiih!) walaupun masih kurang cakep, tapi rasanya? OK bangeeeeet.... :)*

2 comments:

  1. iya enak bgt keliatannya mbak...:) hmm...ikutan ngiler...

    ReplyDelete
  2. makasih sherry! bukan cuma 'kelihatan' enyaak, tapi beneran enyak & empuks! hihihihi!!

    ReplyDelete