Wednesday, March 10, 2010

Bakso Sapi

Back home, di Jakarta, kalau kpingin bakso itu biasanya tinggal nengok ke kanan ato ke kiri dikit, pasti deh nemu itu yang namanya warung bakso ato abang2 bakso dengan gerobaknya yang berseliweran...hihihihi! Inget dulu, pas di kantor jam setengah empat sore kpingin makan bakso, langsung deh mengendap-endap ke warung bakso di setia budi...hahahah!

Disini? Ada sih bakso frozen yang tersedia di toko2 cina ato toko vietnam, tapi mana mungkin bakso yang kaya begitu HALAL! Kalau ngga kuat iman sih dari dulu udah dibeli deh, soalnya penampilannya itu mulus banget...kayak bakso tennis senayan itu loooh...sluuurp!

Wiken lalu, eksperimen dimulai....meski cuaca ngga bersahabat, panas dan humidity tinggi tapi tetap semangat euuy, apalagi bikinnya sambil membayangkan bakso tennis senayan... hahahah! Capeknya sih ga seberapa, tapi keringetan ga habis2, soalnya harus ngeblender dagingnya berkali-kali en ngebulet2 bikin bosen.

Sewaktu merebus, sempat kecewa lihat baksonya masih agak brindil2 ga mulus (hiks!) padahal ngeblendernya sampai 4 kali looh... Tapi sodara-sodaraaa, begitu digigit, dikunyah dan dirasakan..omigod, ga kalah sama bakso tennis senayan!!! Dagingnya kenyal, kuahnya wangi daaaan aku puwaaaas! Ini baru yang namanya baksooooooo..... hihihih! Baru pertama kali bikin, tapi cukup berbahagia dengan rasanya *lebay* pokokna mah...nyum! (penampilan nomor dua deh yaaa, lain kali Insha Allah bisa lebih bagus)



bakso ini hasil dari modifikasi, resep aslinya sih dari bunda estherlita yang menggunakan 2 kilo daging sapi, berhubung aku eksperimen dulu, jadi cuma buat dari setengah kilo mince beef . Ternyata dari setengah kilo daging bisa menghasilkan 36 butir bakso ukuran normal (sedang2 ajah gituuu). Yaaaaay...senangnya punya banyak bakso, tapi jadi keenakan tiap hari makan bakso melulu, buat isi capcay, nasi goreng, mie ayam en dimakan langsung pakai tahu goreng, sawi dan tauge..sluurrp!! Walhasil, ke 36 bakso itu cuma bertahan 4 hari di freezer, langsung habis boow...hihihihi!

Berikut resepnya;

Bakso Sapi

Bahan:
500 gram daging sapi cincang
1 sdm bawang goreng (bawang gorengku made in cirebon loooh..kiriman sohibku, *Amet san* rasanya crunchy, gurih en enak pisan! Eeeh, ga nanya yah? hihihi)
2 siung bawang putih
1 sdm tepung tapioka
1 butir telur
1 sdt (sedikiiiit ajah) baking powder
garam secukupnya
gula secukupnya
tulang iga sapi untuk merebus bakso

Cara membuat:
1. Haluskan bawang goreng, bawang putih, campur dengan garam dan gula
2. Campurkan ke dalam mangkok berisi daging cincang, uleni sambil masukkan telur
3. Masukkan adonan daging tersebut dalam food processor, giling sampai halus (aku dah giling 4 kali bolak balik hasilnya blon halus juga, mungkin harus lebih dari 4 kali yah, tergantung kualitas FP-nya)
4. Keluarkan adonan dari FP, masukkan mangkok, campur dengan tepung tapioka dan baking powder, uleni sampai rata
5. Masukkan lagi dalam FP dan giling beberapa kali (aku gilingnya cuma sekali ajah...next time harus 3-4 kali mungkin yah?)
6. Dinginkan dalam suhu ruang, setelah itu masukkan kulkas, diamkan selama 2 jam untuk 500 gr daging, semakin banyak daging, penyimpanan harus lebih lama.
7. rebus tulang iga sapi sampai mendidih, keluarkan adonan bakso dari kulkas, buat bulatan dengan 2 sendok kecil, cemplungkan ke dalam air kaldu sapi dan masak sampai mengambang.

No comments:

Post a Comment