Thursday, February 4, 2010

Ayam Bakar (Resepnya Wong Solo)

Sebetulnya sih ini ayam bakar biasa, tapi karena resepnya asli dari wong solo alias my mommy jadinya aku kasih judul 'ayam bakar wong solo'...hihihihi!

Buat orang yang mood-nya agak aneh seperti dirikuh ini (ngaku ajah deh) yang kadang2 ditengah2 memasak tau2 merasa males (apalagi kalau proses penyiapan en memasaknya memakan waktu), resep ayam bakar wong solo ini cukup efektif. Maksudnya, kalau ditengah2 proses pemasakan merasa bosan, bisa langsung dimakan deh...wakakaka...my mommy ajah ketawa waktu aku ceritain kek gini.

Resep ayam bakar ini ngga cuma di-marinate (dibumbuin, dibiarkan bbrp jam) trus dibakar di grill, tapi harus dimasak dulu beserta bumbunya dan diungkep, setelah itu baru dibakar. Nah, kalau misalnya baru pada proses memasak ayamnya trus aku mulai bosen, bisa langsung dimakan ajah deh tu ayam tanpa dibakar karena udah mateng...hihihih!

Berikut resepnya, mudah2an cocok di lidah...(udah di cicipin sama teman2 pengajian yang rata2 ibu2 mahir memasak, katanya sih enyaaak enyaaak...alhamdulillah).

Ayam Bakar (resepnya wong solo)

Bahan:

1 dada ayam (fillet skin off) + 4 sayap ayam
2 lembar daun salam
1 batang serai
5 sdm kecap manis
2 sdm air asam
gula merah secukupnya
3 sdm madu
1 kaleng santan (400 ml)
300 ml air
minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu2 yang dihaluskan:
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt jahe bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
2 sdt lengkuas bubuk

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum
2. Masukkan ayam dan bumbu2 lainnya, aduk.
3. Masukkan santan dan air, masak hingga mengental
4. Dinginkan, masukkan dalam wadah kedap udara dan simpan dalam kulkas, awet selama seminggu sebelum dibakar. Ayam yang sudah matang ini bisa langsung dimakan tanpa dipanggang (kalau malas memanggang).
5. Keluarkan ayam dan panggang diatas grill pan.

Note: bila ingin awet, masukkan ayam yang telah dibumbui ke dalam freezer, tahan selama sebulan. Apabila mau dibakar, keluarkan semalam sebelumnya atau bila masih beku dan ingin buru2 dibakar, dikukus dulu selama 10 menit.

1 comment:

  1. waa..! kliatannya yummy skalee.. pengen nyoba. Trima kasih Jeng Dian sudah berbagi. Btw, saya ga liat garam di ingredientnya, memang ga pake atau pake tapi disesuaikan dengan selera masing2 ^^"

    ReplyDelete