Thursday, April 21, 2011

Bolu Kukus Coke Zero



Pernah ngga mengalami patah hati gara2 bikin kue trus hasilnya gagal??

Aku pernah, sering malah... hihihi! Tapi baru kali ini merasa sediiiiiih banget, hatiku hancur, gundah gulana, risau dan GALAU...huhuhuhu....*lebay* Dulu pas bikin bolu kukus yang pertama kali emang sukses bantatnya, tapi aku ga terlalu sedih karena tahu bantatnya gara2 aku-nya yang tiba2 ilang mood en terlalu sebentar mengocok adonan.

Tapi kali ini....

Semua bahan2nya udah benar, pengocokan udah oke dan bisa tertawa ngakak alias mengembang sempurna, tapi gara2 peralatan yang kurang menunjang, walhasil bantat lagi! Hiks sejuta kali :((






Ini adonan-nya cantik sekali yaaaa? Rainboooww over the windooowww.....






Kukusan listrik tingkat tiga ini yang aku pakai buat mengukus sang bolkus. Karena kelihatan banyak mengeluarkan "keringat" aku cuma pake tingkat kedua, diisi 5 buah cetakan dan tidak lupa tutupnya aku bungkus dengan lap.






Mekar dengan sempurna....! Yay, sempet goyang goyangin udel saking girangnya! Ehhhm, tapi kok sekeliling kukusannya "keringetan" banget yah? O'emji! Alamat gagal nih!






Kalu menurut Bu Fat, salah satu faktor penyebab bolkus yang bantet adalah kena cipratan air pada saat dikukus. Yaaah, ngga heran deh! Pas dibuka tutup kukusannya, sang bolu langsung melenyot dengan sukses!! Ga ada cara lain kecuali melapisi dasar sang kukusan dengan lap (habis lobangnya pada gede gede banget sih). Tingkat teratas juga aku alasi lap, supaya atas-bawah ngga kecipratan air gituuu.....






Udah yakin banget ga bakalan berhasil dengan sang kukusan tingkat 3, nekat ngeluarin panci kukusan yang secuprit (biasanya buat ngukus sayuran). Jadi ngakak deh...maksudnya aku yang ngakak ngeliat bolkusnya mengembang tapi sesek sampe ke tutup pancinya...hihihi, kesiyaaan...mo tambah mengembang tapi ga ada ruang. Itu ajah tutupnya sengaja ngga aku alasin lap, kalu dialasin malah adonannya nempel ke lap-nya kali...hiaaahahahah!!





Beginilah hasil akhir sang bolkus. Warnanya rame euuy...cantik yah? Kalu ngga bantet pasti lebih cantik lagi, hihihi! Ya sudahlah, pasrah ajah...emang ga punya kukusan yang memadai, jadi belum bisa menghasilkan bolkus yang sempurna. Masa' mo bela2in beli kukusan tinggi cuma gara2 bikin bolkus doang? Padahal bikinnya juga blon tentu setahun sekali, hihihihi!






Allrighty.....wahai cetakan bolkus, maapkeun pemilikmu ini yaaaa! Kalian aku pensiunkan sampai waktu yang tidak bisa ditentukan....



Oh iyaaaaa, hampir lupa! Ini resepnya asli dari Bu Fat, cuma diganti air soda-nya ajah. Dinamakan Coke Zero karena aku ngga punya soda jernih atau sprite di kulkas. Adanya Coke Zero, jadilah bolkus rasa coke zero :)

Bolu Kukus Serba 200
By Fatmah Bahalwan

Bahan :
200 gr gula pasir
2 btr telur
200 gr tepung terigu
200 ml air soda (misal: Sprite)==> Aku ganti dengan Coke Zero
1 sdt emulsifier (misal: SP)

Cara membuatnya:
1. Taruh semua bahan dalam wadah, kocok dengan hand mixer sekaligus hingga kental.
2. Ambil sebagian, beri warna sesuai selera.
3. Tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi kertas, adonan putih dan adonan warna.
4. Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 20menit.

2 comments:

  1. Halo kalau mau beli cetakan bolu kukus di mna ya di melbourne? Soalnya uda buat 3x pakai cetakan silikon cupcake gagal terus n bantat :(

    Terus itu dikocok berapa menit kira2 adonannya?

    Thank K, Melb

    ReplyDelete
  2. Waaaah di lihat dari sajiannya kayaknya enak tw, saya coba dulu tipsnya di rumah semoga berhasil. makasih

    ReplyDelete