Friday, September 30, 2011

Scones




Asli kali ini berasa Cinderella, ngebut posting sebelum jam 12 malam teng waktu Jakarta, sebelum gerbang KBB digembok :))

Jauh2 hari udah kasih notification kalau ada kemungkinan besar, 90% ga bisa ikutan tantangan kali ini. Maklum, lagi keluar rumah (baca:pulang kampung) selama lebaran, jadi agak2 alergi gitu masuk dapur...hihihihi!

Eniwei, ternyata setelah masa2 mudik usai, disela sela kesibukan bolak balik ke centre buat placement and catch up assessments, masih ada kesempatan (dan keinginan) untuk ngebake. Bikin scones ini jam setengah 4 sore, jam setengah lima jadi, putu2 sebentar, jam setengah enam udah meluncur ke masjid. Pulang dari masjid jam 11 malam, buru2 aplot putu en posting deh :) Alhamdulillah ga jadi absen....sesuatu bangeeeedh! :p

Scones ini buatnya gampang en cepat pulak. Rasanya enak dan empuk. Kali ini, scones-nya aku buat tanpa tambahan pemanis apapun. Ngga...ngga pakai coklat chips. Ngga pakai blueberry juga. Pokoknya plain. Niatnya mau dimakan dengan olesan selai Marmalade dan ditemani dengan secangkir white tea atau teh susu. Oh yum!!



Sayang penggunaan baking powdernya mutlak banyak, sedangkan Pumpkin ga bisa menikmati makanan yang menggunakan bahan kimia berlebihan seperti bp, bs, dll, dsb...walhasil scones ini hanya bisa dimakan oleh eykeh, eykeh dan eykeh. *GUBRAKS!

Yuk dibikin yuuuks! Ini resepnya:



Scones:
Sumber: Edmonds Cookery Book, NZ.

Bahan:
Untuk 12 potong
3 cups tepung terigu
6 sdt baking powder
¼ sdt garam
75g mentega
1 - 11/2 cup susu segar
ekstra susu

Cara Membuat:
1.Ayak tepung, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk.
2.Masukkan mentega dan remas hingga berbulir2 seperti remah roti.
3.Tambahkan susu dan aduk cepat menggunakan pisau sampai adonan lembut.
4.Gilas beberapa kali.
5.Tabur tepung sedikit ke atas baking tray. Letakkan dan tekan-tekan adonan scones di atas baking tray. Iris 12 potongan yg sama. Sisakan jarak 2cm antara satu scones dengan yang lainnya. Olesi susu segar di atas scones.
6.Panggang dengan oven 220C
selama 10 menit atau hingga matang kecoklatan.

No comments:

Post a Comment